Melatih Mental Cupang Hias


      Cupang unggulan diletakkan di tempat terpisah sesuai kategori. Maskot usahakan tidak dicampur dengan warna dasar atau warna kombinasi. Ukuran ikan diupayakan seragam. Hal itu membiasakan cupang bertemu sesama jenis. Tak jarang mental ikan cupang turun begitu melihat ikan cupang lain yang ukurannya lebih besar dan berbeda warna.
     Cupang hias siap kontes perlu dirawat di rak sendiri. Pakan menjelang kontes bervariasi, lain hobiis lain caranya, yang  umum dipakai seperti perawatan biasa, namun ada yang memberi 1-2 kroto per ekor cupang, jumlah cuk pun dibatasi, 5-7 ekor setiap sekali pemberian pakan. Blood worm tidak diberikan untuk mencegah cupang kegemukan sehingga tampak kurang sehat dan tidak lincah. Saking sayangnya, ada hobiis yang merawat ikan cupangnya di air mineral.
     Satu jam setelah pemberian pakan, sekat diambil satu per satu untuk melatih mental, jika dianggap ruangan kurang sinar matahari, cupang bisa dijemur selama 1,5 jam. Matahari pagi dan sore hari lebih baik karena tidak terlalu panas. Sinar matahari yang terlalu panas dapat membuat ikan cupang loyo.
     Akuarium yang tidak dibatasi, sekatnya diubah-ubah posisinya, Misalnya: Akuarium a pindah ke akuarium b, lalu ke akuarium c. Untuk sekedar Coba-coba, tidak ada salahnya maskot didekatkan dengan warna dasar, atau yang lainnya. Cupang hias pun dilatih berdekatan dengan yang berukuran lebih besar. 

0 Response to "Melatih Mental Cupang Hias"

Posting Komentar

Powered by Blogger